Gejala Gelombang


GEJALA GELOMBANG

G
elombang dapat diartikan sebagai usikan atau gangguan yang merambat. Usikan merupakan salah satu bentuk energi. Jadi, gelombang merupakan fenomena perambatan energi.

Jenis-jenis gelombang
Berdasarkan arah rambatnya, gelombang dibedakan menjadi gelombang transversal dan gelombang longitudinal.
1.      Gelombang Longitudinal
     Gelombang longitudinal adalah gelombang yang arah rambatnya sejajar dengan arah getarnya, misalnya gelombang bunyi, gelombang seismik (gempa), dan gelombang pada slinki. 
 
  2.      Gelombang Transversal
Gelombang transversal adalah gelombang yang arah rambatnya tegak lurus arah getarnya, misalnya gelombang cahaya dan gelombang pada tali.



 Berdasarkan medium perambatannya, gelombang dibedakan menjadi gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik.
1.  Gelombang Mekanik adalah gelombang yang memerlukan medium untuk merambat. Dapat berupa gelombang transversal maupun longitudinal. Contoh: gelombang pada tali (merambat melalui tali), gelombang permukaan air (merambat melalui permukaan air), gelombang seismik (merambat melalui permukaan tanah), dan gelombang bunyi (merambat melalui udara).
2.   Gelombang Elektromagnetik merupakan gelombang yang tidak memerlukan medium untuk merambat. Gelombang elektromagnetik dapat merambat di ruang hampa. Gelombang elektromagnetik memiliki spektrum yang cukup lebar meliputi gelombang radio, gelombang mikro, sinar inframerah, cahaya tampak, sinar ultraviolet, sinar-x, dan sinar gamma.
Dana Islauna
Dana Islauna

fisika dan Tik online merupakan situs yang menyediakan berbagai materi Fisika dan TIK