Suhu dan Kalor

Peristiwa perubahan suhu dan perubahan wujud zat akibat perpindahan kalor sering anda alami dalam kehidupan sehari-hari. Akan tetapi, tahukah anda perbedaan suhu dan kalor ? Apakah akibat-akibat dari perubahan suhu dan perpindahan kalor ?
 
Termometer


Suhu adalah derajat panas atau dinginnya suatu benda. Alat untuk mengukur suhu adalah termometer. Terdapat 4 macam skala yang biasanya digunakan untuk mengukur suhu, yaitu Celcius, Fahrenheit, Kelvin, dan Reamur.

Pada skala Celsius, suhu es mencair ditetapkan sebagai titik tetap bawah yang diberi nilai 0 0C dan suhu air mendidih ditetapkan sebagai titik tetap atas yang diberi nilai 100 0C.




Satu skala dalam derajat Celcius sama dengan satu skala dalam derajat Kelvin, sementara satu skala Celsius kurang dari satu skala Reamur dan satu skala Celcius lebih dari skala Fahrenheit. Secara matematis perbandingan keempat skala tersebut, yaitu:





Hubungan bacaan skala dari keempat termometer tersebut dapat dilihat di tabel:





Contoh Soal 1:
Ubahlah suhu 55F ke dalam skala Celsius dan Kelvin !



Contoh Soal 2:
Misalkan Nayla membuat sebuah termometer yang disebut dengan termometer X. Pada termometer ini air membeku pada 00 X dan air mendidih pada 1500 X. Bagaimanakah hubungan termometer ini dengan termometer dalam skala Celsius?


Contoh Soal 3:
Sebuah termometer X pada es yang sedang melebur menunjukkan angka -300 X dan titik didih air 1200 X. Apabila sebuah benda suhunya 400 C, hitunglah skala yang ditunjukkan termometer X !


Exercises:
Thermometer P shows numerical -30 in the water freezing point and 90 in the boiling point. If the liquid temperature is 60 0P, measure it in the Fahrenheit.

Measured by thermometer X, the melting ice temperature is 5 0X and the boiling water is 80 0X. Something has the temperature 40 0C. How much the temperature if it is measured by thermometer X?


Pemuaian



Kalor




Perpindahan Kalor





Gas akan mengalami pemuaian bila suhunya naik. Lihat videonya !


contoh soal: 
Tentukan energi kalor yang dibutuhkan untuk memanaskan es yang memiliki massa 2 kg dan bersuhu -20 0C hingga menjadi air yang bersuhu 70 0C ( kalor jenis air = 4 200 Jkg-1 0C-1, kalor lebur es = 334 000 Jkg-1, kalor jenis es = 2 090 Jkg-1 0C-1 )


untuk melatih kemampuan anda tentang konsep kalor dan perubahan wujud zat  
klik di sini !

Dana Islauna
Dana Islauna

fisika dan Tik online merupakan situs yang menyediakan berbagai materi Fisika dan TIK